Rabu, 05 Maret 2014

Downgrade BBM Versi 8 ke Versi 7

Hampir kebanyakan orang sangat mengharapkan adanya pembaharuan, tak terkecuali dengan versi BBM (Blackberry Messenger) yang ia pakai. Namun kadang pembaharuan/updatean tidak sesuai dengan yang diharapkan, katakanlah terlalu ribet dan memberatkan. Termasuk update BBM versi 8 pada pengguna blackberry dirasa tidak dibutuhkan. Banyak pengguna BBM versi 8 ini yang menyesal melakukan update pada BBM mereka. Tentunya jika kita menggunakan blackberry world tidak akan bisa kembali ke versi sebelumnya.

Pada tutorial kali ini saya akan berbagi informasi bagaimana cara downgrade BBM (blackberry messenger) dari versi 8 ke versi 7. Kenapa harus versi 7? ya karena versi ini setidaknya versi yang dirasa stabil dan tidak terlalu neko-neko sehingga tidak memberatkan kinerja blackberry kita. Tutorialnya sangat mudah seperti layaknya menginstall aplikasi dati OTA (open the air). Namun kali ini sumber file OTA ini berasal langsung dari website blackberry sendiri.

Berikut Cara Mudah Downgrade Blackberry Messenger Dari Versi 8 ke Versi 7:

1. Syarat utama adalah anda bisa mengakses internet browser pada blackberry anda (bisa berlangganan ataupun menggunakan Wifi).

2. Buka pada browser bawaan blackberry anda dan ketikkan http://blackberry.com/messenger maka secara langsung anda akan dibawa ke halaman download BBM versi 8.

Buka Menggunakan Browser Bawaan

Halaman Download BBM Versi 7

3. Geser ke bawah dan temukan tombol "download now" untuk mengunduh BBM versi 7.

Download BBM Versi 7


4. Anda akan diminta memilih bahasa apa yang ingin anda gunakan untuk mengikuti tahapan selanjutnya. (bukan bahasa dari BBM anda, karena bahasa BBM berkaitan dengan bahasa blackberry anda secara keseluruhan).

Pilihan Bahasa Installasi


5.  Berikutnya tekan tombol "download" untuk melanjutkan proses installasi BBM versi 7. Jika ada peringatan replace/ganti versi BBM 8 ke versi 7 maka pilih replace (hal ini untuk menggantikan versi BBM 8 anda). Peringatan replace tidak akan muncul jika sebelumnya anda sudah meremove/uninstall BBM versi 8.

Klik Download untuk Installasi


6. Tunggu hingga proses download selesai. Ketika proses download selesai, maka anda akan diminta untuk memilih reboot now atau later. Pilihlah “reboot now”.

Selesai, selamat anda sudah berhasil downgrade BBM (blackberry messenger) versi 8 ke versi 7. Silahkan tunggu hingga proses recovery contact BBM anda kembali dengan sempurna. Proses recovery tergantung dengan jumlah kontak yang anda miliki, semakin banyak kontak maka semakin lama prosesnya. Biasanya akan ada efek jam pasir dan terkadang juga menyebabkan blackberry anda terasa panas. Jika anda mengalaminya terlalu lama, coba lepaskan baterai dan pasang lagi untuk merefresh blackberry anda.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa share dan klik iklannya :D hehehe...