Kamis, 20 Juni 2013

Email Blackberry Error - Tidak Bisa Menambahkan Account

Sesuai judulnya Email Blackberry Error - Tidak Bisa Menambahkan Account, hal ini terjadi pada saya sore ini, tepatnya kasus ini adalah ketika saya ingin mengganti kartu saya dari tri ke xl. Seharusnya ketika kita masuk kesettingan email, kita akan menemukan beberapa account yang bisa kita tambahkan, akan tetapi hal tersebut tidak saya temukan. bahkan hanya ada satu pengaturan email dari @tri.blackberry.com.

Berbagai cara sudah saya coba, dari mengapus semua service book lalu meregister lagi host routing table hingga merestart blackberry berulang-ulang. tujuannya tentu agar pengaturan blackberry kembali ke semula. akan tetapi pengaturan email tri masih menempel di blackberry saya.

Solusi yang saya tempuh akhirnya adalah dengan merestore blackberry ke settingan pabrik, atau dalam kata lain wipe. untuk melakukan wipe ini tentu akan menghapus semua pengaturan bahkan contact BBM dan contact phone. Oleh karenanya yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:
  1. Backup blackberry anda terlebih dahulu menggunakan software bawaan blackberry "Blackberry Desktop Manager".
  2. Wipe blackberry anda dengan Options > Security > Security Wipe ceklist pada emial, contact, etc (tidak pada yang lain), lalu tulis "blackberry" dan wipe data.
  3. Jika step no 3 berhasil maka blackberry akan melakukan restart dengan sendirinya.
  4. Masuk ke settingan email dan lakukan seperti biasa. (anda sudah dapat menambahkan account email pada blackberry anda).
  5. Restore kembali blackberry contact dan BBM anda beserta pengaturan yang lain.


Ya, jadi intinya adalah mengembalikan pengaturan blackberry ke pengaturan normal. dengan wipe data maka pengaturan provider sebelumnya akan terhapus dan digantikan dengan provider yang baru. tidak semua provider meninggalkan pengaturan sehingga kasus ini tidak selalu ditemukan ketika kita mengganti kartu dari provider lama ke provider baru.