Senin, 22 Agustus 2022

Halal Marketplace: Pengaruh Sikap, Norma Subjektif, dan Kontrol Persepsi Perilaku Terhadap Niat Beli Konsumen Muslim

Halal saat ini menjadi konsep global yang semakin diakui secara universal. Penguatan ekonomi digital diadvokasi oleh Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia (MEKSI) 2019–2024 yang target utamanya adalah pasar halal. Menggambar dalam masalah ini, penelitian ini meneliti pengaruh sikap, norma subjektif, dan kontrol perilaku yang dirasakan pada niat beli konsumen Muslim di pasar halal. Penelitian ini melibatkan komunitas Muslim di Semarang, Indonesia. Mengambil sampel sebanyak 100 responden, penelitian kuantitatif ini menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen Muslim memiliki pemahaman yang baik tentang pasar halal. Pemahaman individu tentang pasar halal meningkat dengan meningkatnya tingkat pendidikan. Norma subyektif dan kontrol perilaku memiliki pengaruh yang signifikan terhadap niat beli konsumen muslim di pasar halal. Sikap tidak berpengaruh signifikan terhadap niat beli konsumen muslim di pasar halal. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu konsumen dan pengusaha Muslim dalam mendorong daya saing dan penjualan sehingga dapat menciptakan ekosistem pasar halal berbasis platform digital sesuai harapan KNKS.

Baca lebih lanjut